Jumat, 06 November 2020

Ragam Bahasa Lisan

Nama : Rifaldi Firdausi

Kelas : 5G bahasa Indonesia

Ragam bahasa lisan(pendapat), karena ragam bahasa lisan(pendapat) ini didukung oleh situasi pemakaian sehingga kemungkinan besar terjadi pelesapan kalimat. Namun, hal itu tidak mengurangi ciri kebakuannya. Walaupun demikian, ketepatan dalam pilihan kata dan bentuk kata serta kelengkapan unsur-unsur  di dalam kelengkapan unsur-unsur di dalam struktur kalimat tidak menjadi ciri kebakuan dalam ragam baku lisan karena situasi dan kondisi pembicaraan menjadi pendukung di dalam memahami makna gagasan yang disampaikan secara lisan

 

          Tata bahasa adalah ilmu yang mempelajari kaidah-kaidah yang mengatur penggunaan bahasa. Tata bahasa yang ditemukan didalam vidio adalah “saya menyukai statiska”. Menurut saya kalimat tersebut mempelajari kaidah-kaidah yang mengatur penggunaan bahasa karena bahasa lisan yang digunakan sudah tertata penggunaan bahasanya. Hanya saja kurang lengkap. Masih bisa diperbaiki dan diperjelas seperti “Saya menyukai mata kuliah statiska”.

 

           Kosa kata adalah himpunan yang dimilikin oleh seseorang atau merupakan bagian dari suatu bahasa tertentu. Semua kata-kata yang dimengerti oleh orang tersebut atau akan digunakan oleh orang tersebut untuk menyusun kalimat baru. Kosa kata yang ditemukan didalam vidio tersebut adalah “semua mata kuliah yang berbau kesling”. Menurut saya kalimat tersebut hanya dimengerti oleh orang tersebut, karna terdapat singkatan “kesling” dan bahasa tidak baku seperti “berbau”.

 

           Contohnya: kalimat “Manajemen pemasaran rumah sakit, sama manajemen SDM rumah sakit” menurut saya ini sudah sesuai dengan kriteria kaidah bahasa karena kalimat tersebut dapat dipahami oleh banyak orang. Lain halnya dengan contoh kalimat “semuanya favorite guys”. Meskipun kalimat tersebut dapat dimengerti oleh sebagian orang tetapi kalimat tersebut mengandung kata “guys” yang menurut saya bukan termasuk dari kaidah bahasa indonesia yang benar dan tidak masuk kedalam kamus KBBI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar